Ciri ciri ikan louhan super red dragon atau SRD

Ciri ciri ikan louhan super red dragon atau SRD


Bagi para pecinta ikan louhan tentu sudah tidak asing lagi bukan dengan jenis ikan louhan satu ini. Saya pribadi tertarik dan sangat ingin memelihara ikan louhan super red dragon, tetapi karena harganya yang sangat mahal tentu membuat saya berpikir dua kali. Ya, harga ikan louhan super red atau para pecinta ikan louhan sering menyebutnya dengan nama ikan louhan “SRD” ini merupakan jenis ikan louhan termahal hingga saat ini.


Sisik ikan louhan SRD akan mengalami perubahan seiring waktu. Hal ini dikarenakan ikan louhan akan mengalami penambahan hormon kulit. Ikan louhan SRD merupakan ikan louhan jenis chencu dengan warna merah menyala pada bagian tubuh dari kepala sampai setengah badannya. Ciri khas ikan louhan SRD yaitu tubuh berwarna merah merona dari jenong hingga ekor dan memiliki corak mutiara.

Ikan louhan jenis ini sangat familiar dan populer di kalangan pengkolektor ikan louhan di Asia, mulai dari Malaysia, Singapura, Indonesia bahkan Eropa. Berikut info tentang ciri-ciri ikan louhan SRD dan harga terbaru untuk semua jenisnya.

Ciri- Ciri Ikan Louhan SRD Berkualitas

1. Corak Warna Ikan Louhan SRD
Tentu yang paling penting dan menjadi daya tarik dari ikan louhan adalah warna sisik pada tubuhnya. Ikan louhan SRD dengan kualitas baik akan memiliki dua bagian warna tubuh yang berbeda. Pada bagian kepala dan jenong sampai ke bagian tengah akan berwarna merah terang, sedangkan pada bagian tengah tubuh ke ekor berwarna kuning maupun silver. Ikan louhan SRD juga memiliki pola hitam bunga berukuran besar pada tubuhnya, dari kepala hingga ekor.
2. Bentuk Jenong Ikan Louhan SRD
Ikan louhan SRD merupakan jenis ikan louhan yang memiliki bentuk jenong terbesar dibandingkan dengan jenis ikan louhan lainnya. Jenong ikan louhan SRD bisa berukuran dua kali lipat dibandingkan dengan ukuran jenong ikan louhan pada umumnya. Inilah yang menjadi salah satu ciri khas dan penyebab ikan louhan super red dragon memiliki harga sangat mahal.
3. Bentuk Tubuh Ikan Louhan SRD
Bentuk tubuh ikan louhan SRD persegi memanjang, dan mengecil pada bagian ekornya. Ikan louhan SRD dewasa bisa memiliki ukuran hingga 40 cm dari jenong hingga ujung ekor dalam usia kurang lebih 10 tahun. Bentuk sirip ikan louhan jenis ini besar, panjang, dan tidak mudah layu (kaku) disaat berenang.
4. Warna Mata Ikan Louhan SRD
Yang menjadi ciri khas dan keunikan ikan louhan SRD adalah warna matanya. Mata ikan louhan SRD berwarna merah pekat dan pada bagian tengah berwarna hitam. Semakin merah warna mata ikan louhan SRD maka akan semakin mahal pula harganya. Tetapi ada juga warna mata jenis ikan louhan SRD yang tidak berwarna merah, tapi berwarna kurang maupun putih. Ada dua jenis ikan louhan SRD, yaitu ikan louhan SRD Thailand dan ikan louhan SRD lokal, berikut perbedaan dan harga terbarunya.

Perbedaan Ikan Louhan SRD Thailand dan Ikan Louhan SRD Lokal

Ikan louhan super red dragon dibagi menjadi dua jenis, yaitu ikan louhan SRD Thailand dan ikan louhan SRD lokal. Tentu ikan louhan SRD Thailand lebih mahal dan lebih cantik ketimbang versi lokalnya. Bagi seorang pemula tentu sangat sulit untuk membedakan kedua jenis ikan louhan ini. Berikut harga dan beda ikan louhan SRD thailand dan ikan louhan SRD lokal.

1. Ikan Louhan SRD Thailand

Sebenarnya sangatlah mudah membedakan kedua jenis ikan ini. Seperti namanya, ikan louhan SDR Thailand merupakan hasil persilangan antar ikan louhan cencu dan ikan louhan merah asal Thailand. Ikan ini berhasil dipersilangkan disana dan menjadi ikon dari ikan louhan Thailand karena memiliki warna yang lebih terang. Ikan louhan SRD thailand memiliki perpaduan warna merah dan kuning yang sangat kontras dan pada jenong ikan berukuran lebih besar dan berwarna merah. Bintik hitam pada tubuh ikan juga terlihat sangat jelas dan berwarna lebih pekat.

2. Ikan Louhan SDR Lokal

Ikan louhan SRD lokal merupakan hasil budidaya dan replika genetik yang berhasil didapatkan oleh pembudidaya ikan louhan di Indonesia. Ciri-ciri dari ikan louhan SRD lokal adalah ikan ini memiliki dun bagian warna tubuh yang berbeda, yaitu merah dan silver keputihan. Ukuran tubuh dan jenong ikan louhan SRD lokal lebih kecil, berwarna merah serta ada corak mutiara dibagian atasnya. Masalah harga, tentu ikan louhan SRD lokal lebih murah dibandingkan dengan ikan louhan SRD Thailand. Berikut daftar harga ikan louhan super red dragon Thailand dan Lokal.